Ayo Nikmati Suasana Afrika dengan Wisata ke Taman Nasional Baluran

Banyuwangi memang selalu banyak menyuguhkan tempat wisata yang mengagumkan. Setelah puas menjelajahi Kawah Ijen, arahkan tujuanmu untuk menikmati wisata ke Taman Nasional Baluran yang merupakan salah satu taman nasional dengan suasana mirip dengan Afrika karena adanya Savana Bekolnya. Seolah wajib hukumnya satu paket antara Ijen dan Baluran

Dimana lokasi Taman Nasional Baluran?

Berlokasi di Kabupaten Situbondo, dekat perbatasan Banyuwangi, kamu bisa berwisata ke Taman Nasional Baluran menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Perjalanan dari Banyuwangi memakan waktu sekitar 2 jam dengan kondisi jalanan yang mulus.

Kamu akan menyusuri tepian pantai di ujung timur Jawa dan tentu saja akan melewati Stasiun Banyuwangi Baru sebagai Stasiun terakhir di Pulau Jawa, kalau kamu berangkat dari kota. Anyway, kamu bisa menyeberang ke Bali lho melalui pelabuhan Ketapang yang terletak di depan stasiun.

Wisata ke Taman Nasional Baluran
Stasiun Paling Ujung di Jawa

Gimana caranya menuju Taman Nasional Baluran?

Seperti sudah dibahas di atas, kamu akan melalui jalanan yang mulus melewati tepian pantai di ujung timur Pulau Jawa sebelum mencapai. Sepanjang perjalanan kamu akan melihat Watu Dodol yang juga merupakan Batu besar terletak di tepi pantai dan juga jalan raya. Sejenak berfoto sambil beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Baluran jadi ide yang bagus buatmu.

Wisata ke Taman Nasional Baluran
Watu Dodol

Ada apa saja di Taman Nasional Baluran?

Berwisata ke Taman Nasional Baluran jelas akan memberimu beragam memori termasuk keindahan alamnya yang menyerupai taman nasional di Afrika. Tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang mengantarkanmu untuk segera masuk menyusuri jalan yang berbatu sepanjang kurang lebih 13 km sebelum mencapai padang rumput atau sering dikenal dengan nama savana Bekol. Sepanjang jalan kamu akan melihat berbagai pepohonan yang cukup rimbun, walaupun ada beberapa area dimana pepohonan terbakar sehingga terlihat gersang.

Wisata ke Taman Nasional Baluran
Bersantai di jalanan berbatu

Akhirnya sampailah di Savana Bekol yang terlihat sangat mirip dengan savanna yang ada di Afrika mengingat pepohonan yang tumbuh di sekitarnya dengan latar belakang gunung Baluran.

Wisata ke Taman Nasional Baluran
Ikon utama , Savana Bekol
Wisata ke Taman Nasional Baluran
Sebelum Petang menjelang

Selain Savana Bekol, ada apalagi disana?

Kamu bisa melanjutkan perjalanan wisata ke Taman Nasional Baluran denganmenuju pantai Bama yang merupakan ujung dari Baluran ini. Pantai Bama merupakan sebuah pantai yang tenang dengan beberapa penginapan yang tersedia. Disamping itu terdapat pula hutan bakau di pinggir pantai yang membuat suasana pantai terasa sangat nyaman dan menyenangkan sebagai tempat bersantai. Ditambah dengan ombak yang tenang membuat suasana terasa sangat hening. Kalau kamu gag ingin bermalam, kamu bisa pulang sebelum malam karena jalanan berbatu yang gelap akan menyulitkanmu nantinya

Wisata ke Taman Nasional Baluran
Pantai Bama

Jadi gimana perasaanmu setelah membaca tulisan tentang wisata ke Taman Nasional Baluran? Pastinya penasaran karena kamu akan disuguhi alam yang luar biasa dalam bentuk Savana Bekol dan kamu serasa berada di Afrika.

Yuk segera kemasi barangmu dan menuju ke Afrika di Banyuwangi!

One Reply to “Ayo Nikmati Suasana Afrika dengan Wisata ke Taman Nasional Baluran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.