Pesona Wisata Kawah Ijen yang Mengagumkan

Berkunjung ke Banyuwangi tentu saja tak terlepas dari wisata kawah ijen yang merupakan ikon utama dari kota yang terletak di ujung timur pulau Jawa ini. Kawah Ijen sendiri merupakan sebuah kawah yang masih aktif dan menghasilkan pembakaran gas sulfur yang menyebabkan terlihat seperti api biru. Makanya kamu akan melihat apa yang disebut api biru atau blue fire saat berhasil mendaki kawah ini.

Gimana caranya pergi wisata kawah ijen?

Tentu saja kamu bisa gunakan berbagai moda transportasi menuju ke kawah ijen. Untuk selengkapnya, kamu bisa baca di sini ya.

Ada persiapan yang perlu dilakukan saat wisata kawah ijen?

Wisata kawah ijen sebenarnya hampir mirip dengan wisata di tempat lainnya. Cuma kamu harus tahu kalau kamu akan berangkat malam hari dari kota Banyuwangi. Perjalanan selama 1 jam akan kamu tempuh menuju pos pendakian Paltuding. Yang terpenting adalah bawa baju hangat termasuk sarung tangan karena sepanjang perjalanan sudah pasti hawa dingin akan menerpamu. Apalagi saat matahari menjelang terbit, itu adalah saat terdingin yang akan kamu rasakan nantinya.

wisata kawah ijen
Selamat datang di Kawah Ijen

Gimana rasanya perjalanan mendaki Kawah Ijen?

Sesampainya disana, barulah perjalanan wisata kawah ijen dimulai. Kamu harus mendaftarkan diri dulu dan membayar tiket masuk. Ingat, pastikan kamu sampai disana paling lambat jam 1 dini hari ya. Kenapa begitu?

Perjalanan mendaki ke Kawah Ijen membutuhkan waktu sekitar 2 jam dan api biru akan terlihat sekitar jam 2-4 pagi. Jadi kamu harus benar-benar bisa mengatur waktumu dengan baik. Tenang saja, meskipun kamu harus mendaki 2 jam, trek yang kamu lalui adalah pasir kok, beda dengan gunung pada umumnya. Kalau kamu gag pernah naik gunungpun, tetap kamu bisa sampai ke kawah kok. Intinya hati-hati ya.

wisata kawah ijen
Dingin terasa saat matahari terbit

Anyway, pastikan kamu bawa masker untuk menjaga pernapasanmu dari belerang yang cukup menyengat. Kalau kamu mau turun dan melihat api biru lebih dekat, pastikan maskermu tertutup rapat. Tapi kamu pun tetap bisa melihat api biru dari atas kok.

wisata kawah ijen
Blue Fire

Selain api biru, ada apa lagi di Kawah Ijen?

Tentu saja wisata kawah ijen akan memberimu banyak pengalaman selain api biru tentunya sebagai objek utama. Kamu akan menemui penambang belerang yang naik turun membawa belerang dari pos Paltuding ke kawah. Hebatnya adalah mereka mampu mengangkat belerang seberat sekitar 60 kg naik turun.

Memang hal ini cukup istimewa dan membuat kamu terkagum-kagum karena mereka sama sekali bekerja tanpa perlengkapan keamanan yang memadai . Bahkan tak jarang mereka juga menjual souvenir dari belerang. Kalau kamu punya uang lebih, coba deh beli hasil karya mereka. Tenang saja, mereka orangnya baik kok.

wisata kawah ijen
para penambang belerang

Ada waktu yang pas untuk wisata kawah ijen?

Tentu saja akan lebih baik berwisata kawah ijen saat musim panas sekitar bulan Juni-Agustus karena api biru akan kelihatan dengan jelas. Apalagi kalau kamu berkunjung saat weekdays, bukan weekend karena tentu saja akhir pekan akan sangat ramai.

Itu dia sekilas mengenai pesona wisata kawah ijen yang akan membuatmu semakin bersemangat saat mengeksplor kota Banyuwangi. Setelah Kawah Ijen, kamu bisa coba eksplor Baluran lho!

2 Replies to “Pesona Wisata Kawah Ijen yang Mengagumkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.