Tips Menghindari Penipuan Saat Travelling

Sebagai seorang traveler, pasti kamu sudah akrab dengan yang namanya scam atau penipuan, yang tentunya ngeselin banget. Apalagi kalau kamu lagi pergi ke tempat baru untuk pertama kalinya, wajib banget harus hati-hati. Jadi gag ada salahnya kamu untuk tahu berbagai tips menghindari penipuan saat travelling yang bakal berguna banget kamu praktekin nantinya.

Apa aja tips menghindari penipuan saat travelling?

Pastikan harga saat naik taksi

Ini penting banget sebagai langkah awal menghindari penipuan saat travelling. Kamu yang mau keliling kota dan kebetulan gag ada kereta, tentu taksi jadi opsi tepat buatmu. Kamu tinggal duduk manis dan bayar sesuai argometer (jangan nembak harga di awal kecuali kamu tahu tarif ke tempat itu).

tips menghindari penipuan saat travelling
Hati-hati naik taksi

Begitu kamu masuk taksi, selalu perhatikan argometernya dan pastikan gag ada yang diubah terutama saat kamu turun dan mau bayar. Lumayan kan kalo kamu sampai ketipu cuma karena kamu kurang perhatikan argometernya?

Catat tarif Bajaj, Tuktuk dan lainnya

Sebagai alternative transportasi yang lebih murah daripada taksi, tentu saja Bajaj atau tuktuk bisa kamu pilih untuk hemat kantongmu. Ingat, jangan sampai kamu niat hemat kantong tapi malah jadi jebol karena ditipu.

tips menghindari penipuan saat travelling
Naik Bajaj

Tips menghindari penipuan saat travelling dengan moda transportasi ini adalah catat harga yang sudah diberikan si driver. Jangan pake omongan karena takutnya driver bakal naikkan harga saat kamu mau bayar. Ingat ya, misalnya driver di Bangkok bilang tarifnya 100 Baht, langsung kamu tulis dan tunjukkan. Kamu gag mau kan kalo kesepakatan awal 100 Baht tapi kamu diminta bayar 200 Baht tanpa kamu kamu punya bukti? Ngomel nolak bayarnya bakalan sia-sia.

Tanyakan harga dulu sebelum makan

Tips menghindari penipuan saat travelling ini hampir sama dengan kondisi kamu naik bajaj. Bedanya adalah kamu jangan sampe terbawa nafsu lapar dan asal ambil tanpa tanya harga di awal. Walaupun daftar menunya gag menyediakan tulisan bahasa inggris, tapi kamu wajib tanya setiap menu yang mau kamu makan. Jangan sampai ya, begitu bill keluar, harganya bisa buat kamu migrain. Hehehe

tips menghindari penipuan saat travelling
Tanya harga dulu ya

Gesek kartu

Di jaman sekarang, kamu lebih suka belanja dengan cara gesek kan daripada tunai. Selain lebih praktis, juga lebih cepat. Tapi ada yang harus kamu perhatikan disini. Biasanya waktu kamu belanja sesuatu, kamu akan langsung bayar dan pergi setelah bayar dengan gesek tanpa cek ulang tagihannya.

tips menghindari penipuan saat travelling
hati-hati gunakan Credit Card

Ini yang perlu diwaspadai. Tips menghindari penipuan saat traveling ini adalah dengan mengecek detail antara total harga yang dibayar dengan saldo yang tertera di bill. Kenapa gitu? Soalnya sering ada petugas yang nakal dan sengaja menaikkan bayarannya. Intinya disini adalah teliti dulu setelah bayar ya!

Jangan mudah percaya sama orang asing

Tentunya kamu juga jadi orang asing selama traveling, tapi kamu wajib ingat kalau kamu juga harus waspada terhadap orang asing terutama yang ditemui di tempat umum. Di beberapa negara, banyak kasus traveler disuruh mencoba menggunakan souvenir seperti kalung dan gelang, setelah itu tiba-tiba disuruh bayar karena memakai berarti membeli. Tentu saja kamu bakalan marah-marah karena di awal si penjual gag bilang gitu.

tips menghindari penipuan saat travelling
Waspada sama orang asing itu perlu

Yang jadi masalah adalah, teman-teman si penjual bakalan datang ngerubutin kamu dan memaksa kamu untuk bayar sejumlah harga yang diminta. Ngeri ya?

Makanya untuk kondisi ini, pastikan kamu gag coba souvenir yang ditawarkan kecuali kamu emang mau beli. Jangan sekedar iseng pakai cuma buat lucu-lucuan ya!

Itu dia 5 tips menghindari penipuan saat travelling yang wajib banget kamu praktekin dimanapun. Kamu tentu gag mau kehilangan duit cuma karena kamu gag fokus kan? Jadi yuk tetap fokus dan semangat travelling.

Kamu ada tips lainnya? Yuk share di kolom komentar di bawah ini! 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.