Sejenak menikmati berbagai tempat wisata di Melaka

Melaka? Kamu pernah mengunjungi tempat wisata di Melaka? Sebagai seorang traveler tentunya Melaka bukan tempat yang asing, apalagi lokasinya yang terletak hanya 2 jam perjalanan dari Kuala Lumpur menggunakan bus dari airport.
Sebagai kota wisata, tentu banyak tempat wisata di Melaka yang menawarkanmu pemandangan maupun sensasi yang mengagumkan, terutama banyaknya peninggalan portugis dan belanda jaman dulu. Dan juga, Melaka ini sebenarnya gag terlalu besar kalau kamu mengitari daerah wisatanya. Jauh lebih kecil kalau dibanding Kuala Lumpur maupun Penang lho.

Jadi, mana aja tempat wisata di Melaka yang bisa dikunjungi?

Jonker street

Jalan Jonker atau dikenal juga dengan nama Jonker Street akan menyambutmu sebagai awal dari tempat wisata di Melaka. Jalan sepanjang kurang lebih 2 km ini memang terlihat biasa saja di siang hari, namun begitu malam tiba, jangan heran kalau untuk jalan saja bakal susah karena adanya semacam pasar malam di Jalan ini. Orang-orang termasuk para traveler akan berlalu-lalang di sepanjang jalan yang tidak terlalu lebar.

tempat wisata di Melaka
Pintu Masuk Jonker Street

Kalau kamu mulai dari bagian dalam, alias dekat gereja, kamu akan menjumpai patung ayam di gerbang masuk Jonker Street. Disinilah kepadatan mulai mengular dan juga kendaraan berhenti sampai disini, arena di sepanjang Jonker, hanya diizinkan untuk jalan kaki selama malam hari.
tempat wisata di Melaka
Jonker Street di malam hari

Banyak makanan maupun barang-barang yang dijual. Bahkan ada semacam food court kecil di dalam gang yang sedikit nyempil. Eitts, pastikan dompetmu aman ya karena kamu akan berdesak-desakan nantinya.
tempat wisata di Melaka
Food court di Jonker

Benteng A Formosa

Terletak di sebelah dataran Pehlawan, kamu bisa mengunjungi situs peninggalan jaman penjajahan Portugis yang menghadap langsung ke selat Melaka. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar sambil menikmati bangunan kuno termasuk adanya kuburan tua Belanda (pastinya sedikit serem).

tempat wisata di Melaka
Benteng A Formosa

Sore hari jadi opsi terbaik untuk mengunjungi tempat ini dimana cuaca gag terlalu panas. Mengunjungi Benteng A Formosa berarti kembali ke masa lalu dan ingatanmu pasti akan melayang ke jaman dimana Kesultanan Melaka berjuang melawan Portugis (jadi belajar sejarah hehehe)

Sungai Melaka

Menyusuri Sungai Melaka boleh jadi masuk dalam list tempat wisata di Melaka yang kamu sambangi. Siang ataupun malam hari, ada kapal yang akan membawamu menyusuri sungai selama sekitar 15-20 menit dengan tarif sekitar 55RM. Kalau kamu punya cukup dana, akan lebih baik kalau kamu menyusuri di malam hari karena selain cuaca yang lebih sejuk, pemandangan sekitar sungai berubah cantik karena lampu-lampu hotel maupun kafe di pinggir sungai.

tempat wisata di Melaka
Sungai Melaka

Sebenarnya sungai Melaka ini gag terlalu panjang, sehingga bisa juga kamu susuri dengan jalan kaki kalau kamu mau hemat biaya. Selain itu disediakan kursi di pinggir sungai dan kamu bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan indah di sekelilingmu lho.

Menara Taming Sari

Ini dia lokasi pas untuk menikmati Melaka dari ketinggian. Menara Taming Sari cocok dijadikan alternatif selanjutnya untuk tempat wisata di Melaka. Dengan tarif masuk sekitar 20RM, kamu akan naik hingga puncak dan menikmati keindahan kota selama sekitar 15 menit dari ketinggian sekitar 80 meter. Sepertinya menarik ya?

tempat wisata di Melaka
Menara Taming Sari

Christ Church Melaka

Gereja Merah jadi sebutan lainnya, merupakan tempat wisata di Melaka yang paling mainstream. Bagaimanapun juga, kamu dianggap belum ke Melaka kalau belum kesini. Mirip kalau kamu ke Jogja tapi belum ke Malioboro.

tempat wisata di Melaka
Gereja Merah

Sebagai gereja anglikan, alias gereja di bawah kerajaan Inggris, kamu bisa masuk ke dalam selama sedang libur alias gag ada ibadah yang sedang berlangsung. Gereja ini berlokasi di Red Square (dan juga pusat kota) karena memang banyak bangunan berwarna merah bahkan termasuk gereja itu sendiri. Unik ya?

Banda Hilir

Tempat wisata di Melaka selanjutnya adalah Banda Hilir yang sebenarnya lebih mirip dengan alun-alun kota karena merupakan tempat berkumpulnya warga setempat. Banyaknya pepohonan membuat cuaca yang panas seolah gag terasa disini. Selain itu disediakan juga bangku taman dimana banyak orang maupun keluarga yang sedang bersantai.

tempat wisata di Melaka
Banda Ilir

Dimana lokasinya? Berada persis di sebelah Menara Taming Sari. Jadi kalau kamu selesai dari Taming Sari, atau minimal lewat, sempatkan saja mampir disini. Anyway, ada free wifi juga lho disini. Walaupun kecepatannya tentu terbilang lambat. Tentu saja, kamu kesini bukan untuk menikmati wifi kan?
tempat wisata di Melaka
Free WiFi lho

Keenam tempat wisata di Melaka tersebut bisa kamu kunjungi dalam waktu 1 hari saja, karena Melaka yang memang gag terlalu besar. Menarik kan? Yuk segera berkemas ke Melaka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge