Susuri tempat nongkrong di Jogja

Bicara tentang Jogja, tentunya kamu akan langsung teringat tentang wisata, kuliner maupun budaya. Buat sebagian orang baik itu warga asli maupun pendatang, tempat nongkrong di Jogja selalu jadi bahasan menarik. Kenapa bisa? Karena cuma dengan nongkrong, kamu akan bisa hasilkan ide-ide bagus ataupun malah mempererat hubunganmu dengan teman nongkrongmu. Simpel kan ya?
Anyway, kamu udah tahu belum berbagai tempat nongkrong di Jogja yang bisa kamu sambangi sambil menikmati malam di kota gudeg ini? Yuk simak beberapa referensi terutama yang khas Jogja banget di bawah ini

Angkringan KR

Hal pertama yang terlintas saat membahas tempat nongkrong di Jogja adalah angkringan. Gerobak yang penuh dengan makanan (nasi kucing, sate telur, sate usus, gorengan, dl) dan juga wedang (minuman panas) ini adalah andalan warga Jogja untuk nongkrong dan ngobrol santai.

tempat nongkrong di Jogja
Angkringan KR

Berlokasi di depan redaksi koran KR Jalan Mangkubumi, kamu bisa menikmati berbagai makanan dengan harga yang terjangkau sambil duduk lesehan di lantai yang telah ditutup dengan tikar. Angkringan ini buka dari sore hari hingga sekitar jam 3 pagi. Cukup lama, apalagi buat kamu yang mau nikmati suasana malam di pusat kota sembari mendengarkan pengamen yang bergantian melewatimu.

Angkringan Harjo

Dikenal juga dengan nama Angkringan Wijilan, tempat nongkrong di jogja ini menawarkan menu yang hampir sama dengan KR, tapi tempatnya berada di dalam. Meskipun tak berada di luar, bukan berarti kamu gagal menikmati suasana khas Jogja. Lokasinya yang berada dekat Kawasan Gudeg Wijilan, dekat Alun-alun utara membuat atmosfernya benar-benar terasa Jogja banget.

tempat nongkrong di Jogja
Menu di angkringan harjo

Pesan aja beberapa menu seperti nasi sambal atau oseng dengan sate usus dan gorengan sudah cukup menjadi bekal untuk ngobrol selama berjam-jam. Entah teman ngobrolmu orang jogja atau bukan, tapi bisa dipastikan dia juga bakalan merasa betah berlama-lama disini. Hal yang harus kamu perhatikan adalah adanya bapak-bapak yang akan menunjukkan trik sulap, ini bedanya dengan angkringan KR dengan pengamen yang mondar-mandir. EItss, jangan khawatir, tetap jaga barangmu dan nikmatin pertunjukan sulap (walaupun simpel) lalu berikan tips seadanya untuk menghormatinya.

Indische Koffie

Terdengar ala barat banget ya? Benar banget. Tempat nongkrong di Jogja satu ini memang berupa kafe yang memadukan gaya belanda dan jogja yang terletak di area Benteng Vredeburg Jogja. Makanannya ada apa aja? Tentu saja menu khas Indonesia dan Eropa dengan harga yang lumayan dibandingkan dengan angkringan buat seorang traveler. Tapi kalau kamu punya dana lebih, silakan aja.

tempat nongkrong di Jogja
Indische Koffie

Kafe ini buka dari siang hingga pukul 22.00. Terletak di Kawasan Malioboro, tempat ini akan membuatmu tentu bisa merasakan suasana pusat kota yang berpadu dengan aroma tempo dulu.

Alun-alun kidul

Alun-alun kidul atau selatan dalam bahasa Indonesia dikenal juga sebagai tempat nongkrong favorit di Jogja. Gimana tidak, tempat ini seolah menjadi tempat berkumpul warga jogja dan sekitarnya dengan adanya berbagai warung makan di sepanjang pinggirannya. Selain itu adanya sepeda lampu disini menjadikan Alun-alun kidul semakin ramai.

tempat nongkrong di Jogja
sepeda lampu

Bahkan kalau akhir pekan atau musim libur, hampir pasti tempat ini jadi macet karena kendaraan dan sepeda lampu bertemu di ruas jalan yang sama. Selain itu ada juga 2 pohon beringin yang terkenal dengan tradisi “Masangin”, yaitu siapa yang berjalan melewati beringin dengan mata terutup, keinginannya bakal terkabul. Percaya gag percaya yaa.
tempat nongkrong di Jogja
Pohon Beringin di Alkid

Gimana dengan nongkrongnya? Pesan aja minuman dan makanan lalu duduk di meja yang sudah disediakan di rerumputan. Makan, ngobrol sambil memandang suasana alun-alun dipastikan akan menyegarkan kembali pikiranmu.

Bukit Bintang

Tempat nongkrong di Jogja ini cocok dikunjungi di malam hari karena kamu akan disuguhi pemandangan kota dengan gemerlap lampunya. Tentu saja tempat ini terletak di Kawasan pegunungan, tepatnya di jalan wonosari, arah menuju kota Wonosari maupun pantai selatan yang terkenal keindahannya.

tempat nongkrong di jogja
Jogja dari Bukit Bintang

Datang kesini bersama pasangan maupun teman sangat disarankan karena kamu akan menghabiskan suasana malam dengan pemandangan indah. Kalau kamu dari pusat kota, kamu perlu waktu sekitar 30 menit untuk mencapai tempat ini. Bisa juga kamu datang kesini saat kamu pulang dari pantai, sembari beristirahat sejenak sebelum pulang ke Jogja.
Itu dia 5 pilihan tempat nongkrong di Jogja yang memang khas banget. Masih ada tempat lainnya? Yuk komen di bawah. Atau kamu tertarik ke Jogja? Buruan kesini dan nikmati suasana khas Jogja ya. Coba untuk nongkrong di tempat seperti ini karena mungkin kamu gag akan nemu di tempatmu ya. 😊

One Reply to “Susuri tempat nongkrong di Jogja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge