Coba Berbagai Rute Jakarta Jogja

Sebagai orang Jogja yang bekerja di Jakarta, tentu saja pulang kampung adalah hal yang selalu ditunggu-tunggu. Kenapa? Ya kamu tau lah namanya juga merantau dan lama gag ketemu keluarga itu hanya bisa diobati dengan bertemu keluarga di kampung halaman. Hal ini tentu berujung pada gimana caranya mengarungi rute jakarta jogja. Terlebih saat mudik lebaran, sudah tentu kamu harus berjuang ekstra keras untuk mendapatkan tiket pulang dengan harga dan fasilitas yang sesuai.
Terkait rute jakarta jogja, seperti kata pepatah “Banyak jalan menuju Roma”, kamu bisa ke Jogja dengan berbagai transportasi. Tapi sebagai seorang traveler, tentu saja kamu akan mendapat beberapa opsi yang sudah penulis sediakan disini. Ada apa aja itu?

Naik Bus untuk rute jakarta jogja

Ini dia buat para Busmania alias penggemar Bus, kamu bisa melewati rute jakarta jogja dengan menggunakan transportasi yang paling gampang dicari dan fleksibel. Harga yang sebenarnya gag terlalu fluktuatif, bisa membuatmu pesan kapan aja. Terlebih kursi yang hampir selalu tersedia, jadi kamu gag perlu buru-buru untuk sekedar pesan jauh hari.

rute jakarta jogja
Bus ke Jogja

Pesan tiket Bus Jakarta Jogja langsung dan kamu cukup duduk manis di Bus hingga sampai di terminal Giwangan atau Jombor di Jogja. Eitts, kedengarannya enak ya? Tapi kalau naik transportasi ini berarti kamu harus siap-siap melawan macet ya. Kamu tau kan gimana macetnya arus mudik lebaran? Perjalanan ke Jogja bahkan bisa makan waktu 30 jam. Jadi gimana menurutmu? Siap naik bus?
Hal yang sama juga terjadi kalau kamu naik Travel (semacam Elf). Bedanya, bodi Elf yang kecil memungkinkan kendaraannya bisa berjalan sedikit lebih cepat. Cuma sedikit lho. hehehe

Pesawat rute Jakarta-Jogja

Ini dia juaranya. Seringnya ada promo pasti akan buat kamu langsung tergerak cari promo untuk rute rute jakarta jogja. Tapi ingat, ini masa mudik lebaran lho! Hampir gag ada promo dan harganya pasti selangit. Bahkan 1 tiket one-way yang biasanya seharga 300-400 ribu bisa dijual seharga 900ribu dan itu pasti laku! Walaupun ada 2 Bandara yaitu CGK dan HLP bukan berarti harga beda lho. Lebaran tetep lebaran alias harga tetep naik.

rute jakarta jogja
Pesawat Jakarta Jogja

Kalau kamu emang mau cepet dan tanpa macet, pesawat emang cocok. Tapi kamu juga harus siap merogoh kantongmu ya dengan harga 2-3 kali lipat. Hmmm jadi gimana?

Kereta Api dari Jakarta ke Jogja

Ini dia yang paling direkomendasikan untuk rute jakarta jogja. Kereta api emang jadi primadona karena rutenya sendiri (lhaiya lewat rel) dan juga durasi perjalanan hampir pasti (dibilang hampir pasti karena bisa aja telat alias ngaret hehehe. Tapi ada 2 hal yang harus diperhatikan disini. Pertama adalah harga yang naik 2 kali lipat dan kedua adalah kuota yang terbatas, meskipun ada kereta lebaran. H-90 hari, kamu udah harus beli tiket dan secepat mungkin, karena kalo gag kamu bakal kehabisan. Apalagi kereta Jakarta Jogja yang terkenal dengan rute gemuk alias padat, pasti langsung habis.

rute jakarta jogja
Kereta menuju Jogja

Coba opsi kereta transit yuk

Kalo kehabisan tiket kereta rute jakarta jogja yang langsung, kamu gag perlu khawatir. Kenapa kamu gag coba kereta transit? Kedengarannya mirip pesawat ya bisa transit, tapi emang bener ada. Ada website yang menjual tiket transit, tapi kadang harganya mahal banget dan pasti jadi masalah buatmu dong. Trus harus gimana?
Gimana kalo kamu coba susun rute transit sendiri?
Misal, kamu ambil transit di Cirebon (kota yang paling sering). Coba beli tiket Gambir – Cirebon dan Cirebon – Yogyakarta. Penulis cukup sering ambil rute ini apalagi karena waktu menunggu yang gag terlalu lama yaitu 4 jam (lebih dari 6 jam udah dianggap lama). Rute lain? Pasar Senen – Cirebon Prujakan dan Cirebon Prujakan – Lempuyangan. Sama aja kan?

rute jakarta jogja
Tiket kereta api

Atau mau beda kota misalnya Jakarta – Bandung dan Bandung – Jogja. Jakarta – Purwokerto dan lanjutkan Purwokerto – Jogja. Ada juga Jakarta – Kutoarjo dan Kutoarjo – Jogja (ini juga biasanya udah sering habis ke Kutoarjonya). Kalau mau gabungkan kereta dan bus juga bisa. Coba deh Jakarta – Semarang dan Semarang – Jogja naik bus. Ingat, gag ada kereta ke Jogja dari Semarang kecuali lewat solo dan harus transit lebih lama lagi dong.
Rute-rute transit di atas bisa kamu pilih dan kamu bisa sedikit bersantai sembari menikmati stasiun saat transit. Harga gag terlalu mahal dan tetap bebas dari macet kan?
3 opsi untuk rute jakarta jogja bisa kamu pilih dan semua kembali ke dirimu sendiri. Mana yang mau kamu pilih? Kalo fleksibel dan paling murah tentu saja Bus atau Elf. Kalau fleksibel dan cepat tapi harga lumayan mahal ya tentu aja pesawat. Kalau mau ikutin saran penulis, coba kereta transit.
Menarik kok. Yuk kita mudik ke Jogja!

One Reply to “Coba Berbagai Rute Jakarta Jogja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.