Rasakan Sensasi dan Pengalaman Couchsurfing yuk

Pengalaman couchsurfing

Pengalaman couchsurfing. Pernah dengar? Buat kamu yang gemar jalan-jalan sendirian alias solo travelling, pasti udah gag asing dengan istilah itu. Emang apa sih itu Couchsurfing atau sering disebut CS? Emang apa untungnya? Bukannya travelling itu buat cari tempat wisata atau kulineran? Hmm yuk cob abaca ulasan di bawah ini.

Apa itu Couchsurfing?

Couchsurfing adalah jejaring social para traveler yang bisa menghubungkanmu dengan sesama traveler di seluruh dunia. Kamu bisa mengajukan permohonan untuk menginap atau sekadar hangout dengan warga lokal karena salah satu esensi dari travelling adalah berinteraksi dengan warga setempat kan?

Trus hubungannya dengan pengalaman couchsurfing apaan?

Kenapa harus punya pengalaman couchsurfing? Ini terdengar cukup jarang karena masih banyak orang yang beranggapan kalau mereka bisa bertemu warga setempat dari warung atau malah penginapan yang mereka tinggali. Itu benar. Tapi dengan adanya CS ini, setidaknya kamu akan dapat persepsi yang berbeda karena kamu akan langsung bertemu dengan orang asing yang mau menawarkanmu tempat tinggal atau sekedar bertemu alias hangout.
Tentu saja lebih menyenangkan dong kalau kamu dapat informasi tentang tempat mana aja yang bisa kamu jelajahi dan juga tips yang harus kamu lakukan supaya bermanfaat selama travelling. Asal tau aja, biasanya informasi penting itu gag akan kamu temukan di majalah traveling lho!

Gimana caranya dapatkan pengalaman couchsurfing?

Sebenarnya gampang aja sih kalau kamu mau cara seru travelling dengan couchsurfing. Kamu harus punya aplikasi Couchsurfing yang bisa kamu download sendiri. Setelah itu buatlah profil semenarik mungkin terutama yang berhubungan dengan dunia travelling. Kamu bisa memilih untuk mengajukan permohonan tinggal atau sekedar meminta teman hangout, yang bisa dilihat dari profil para member CS. Pilihan sebaliknya adalah dengan menjadi tuan rumah seperti host (menjamu mereka tinggal di rumahmu) atau sekedar hangout dengan traveler yang sedang ada di kotamu. Enak kan?

Pengalaman Couchsurfing
Aplikasi CS

Ada hal penting yang harus kamu ingat. Orang akan menerimamu sebagai tamu maupun orang akan mau mengajukan permohonan kepadamu sesuai dengan referensi yang kamu punya. Apa itu referensi? Referensi adalah komentar orang tentangmu saat kamu jadi tuan rumah atau tamu. Pastikan komentar yang kamu dapatkan positif ya, biar orang percaya kalau kamu orang baik-baik. Wajar dong orang lihat referensi karena mereka belum pernah ketemu kamu sebelumnya. Kamu pasti juga bakal lakuin hal yang sama kan?
Pengalaman Couchsurfing
Pastikan kamu punya referensi positif

Ada tips supaya semangat dapatkan pengalaman couchsurfing?

Tips yang cukup simpel saat kamu berniat merasakan pengalaman couchsurfing. CS biasanya dianggap sebagai cara untuk numpang gratis. Ingat ya, “Gratis”. Tapi justru kamu sangat disarankan untuk gag mengandalkan tinggal gratis (opini pribadi) hanya karena kamu gag mau bayar penginapan. Sesekali boleh lah kamu mau gratisan, tapi jangan keseringan ya, karena emang lebih banyak yang nawaring meet-up alias hangout daripada nawarin jadi host.

Pengalaman Couchsurfing
Meet up dengan CS-er India

Gimana kalau emang ada yang nawarin tinggal? Itu justru bagus dan kamu bisa terima tawaran itu. Tapi pastikan si calon host itu orang baik-baik dilihat dari referensi ya. Dan bakal lebih bagus kalau kamu bawain buah tangan walaupun gag wajib. Ingat, kamu udah ditawarkan tempat menginap gratis lho, masa ya kamu gag tau diri. Hehehe.
Selain itu pastikan kamu jaga sikap dan ikuti aja aturan yang berlaku karena kamu adalah tamu. Walaupun tamu adalah raja, tapi tuan rumah tetap orang tuanya raja. Hahahaha patuhi!

Komunitas CS juga berikan kamu pengalaman couchsurfing lho

Emang iya? Pengalaman couchsurfing bisa didapat dimana aja dan dengan bergabung ke komunitas CS, kamu bisa dapatkan hal itu, kalau kamu belum yakin untuk nge-host atau bertamu. Banyak kok komunitas di kota besar dan mereka semua terbuka menerima kamu selama kamu juga mau membuka diri.

Pengalaman Couchsurfing
Yuk join komunitas CS

Kalau udah siap semua lalu gimana? Waktunya kamu dapatkan sensasi dan pengalaman bagus dengan couchsurfing! Ajukan aja permohonan di forum kota mana yang mau kamu tuju, tapi jangan lupakan tips-tips di atas ya. Semoga aja berguna. Have a nice trip!

2 Replies to “Rasakan Sensasi dan Pengalaman Couchsurfing yuk”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.