Panduan Cara Buat Visa Jepang yang Gampang

Begitu mendengar kata Jepang, tentu banyak diantara kamu yang sudah familiar dan ingin traveling kesana. Negara maju dengan teknologi tinggi tentu membuatmu gag sabar kesana. Tapi karena adanya syarat visa, paling gag kamu harus tahu cara buat visa Jepang yang gampang.

Pahami cara simpel buat visa Jepang dan kamu bakalan lebih nyaman menikmati perjalananmu ke negeri matahari terbit itu. Memang gimana caranya sih?

Buat e-paspor

E-paspor merupakan syarat awal dari cara buat visa Jepang yang gampang. Kenapa? Karena kamu bakalan dapat visa gratis atau visa waiver selama 15 hari kunjungan dan berlaku sekali alias single entry. Enak kan? Kebijakan ini memang baru sekitar 3 tahun berlaku untuk orang Indonesia tapi yang jelas kamu bakalan sangat terbantu dengan hal ini. Cara lengkap buat e-paspor bisa kamu lihat disini.

Ajukan permohonan visa

Langkah selanjutnya dari cara buat visa Jepang tentu saja adalah ajukan permohonan visa langsung ke Kedubes Jepang di Jakarta. Semuanya bisa kamu proses tanpa biaya alias gratis. Kamu bisa juga buat visa di perwakilan kedubes melalui Japan Vissa Application Center di Lotte Kuningan tapi dengan biaya sekitar 100.000 IDR. Kalau bisa murah kenapa harus mahal?

Datanglah pagi sekitar jam 8 karena antrian dibuka jam 8.30. Begitu datang ke kedubes, kamu segera ambil nomor antrian dan masuk ke dalam. Siapkan KTP sebagai syarat pinjam kartu pengunjung. Kamu cukup isi formulir dan tunggu hingga namamu dipanggil. Prosesnya gag lama kok, dari kamu mulai antri sampai kamu selesai proses sekitar 1 jam. Yang harus kamu ingat adalah proses ini harus dilakukan sendiri dan gag bisa diwakilkan ya.

cara buat visa jepang
Kartu Pengunjung di Kedubes

Ambil visa

Begitu sudah selesai, kamu perlu ambil visa sekitar 2-3 hari kerja setelah proses dilakukan. Inilah langkah terakhir dari cara buat visa Jepang yang mudah. Visa bisa kamu ambil sendiri atau titip ke teman kalau kamu ternyata ada agenda lain. Simpel kan?

cara buat visa jepang
Visa Waiver Jepang

Setelah kamu baca cara buat visa Jepang di atas, cukup simpel kan? Sebenarnya kamu bisa juga buat visa jepang pakai paspor biasa tapi kamu harus bayar visa sekitar 350.000 IDR dan itupun dengan syarat yang lumayan banyak seperti tiket pesawat PP, penginapan, dll.

Jadi kalau belum ada e-paspor, mending buat dulu karena nanti juga bakalan lebih gampang kalau kamu pakai ini.

Yuk berangkat ke Jepang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.