Pahami sistem transportasi di KL Sentral yuk!

Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Asean, Kuala Lumpur memang masih berada di bawah Bangkok, maupun Singapura. Akan tetapi ibukota Malaysia ini masih menjadi salah satu tujuan wisata terlebih dengan adanya berbagai objek wisata dan masyarakatnya yang beraneka ras. Ketika berada di kota ini, sebagai backpacker, kamu harus paham dengan sistem transportasi KL Sentral yang merupakan pusat transportasi dari semua perjalananmu menuju objek wisata maupun pergi ke kota lain.

Salah satu sudut KL Sentral

Ada apa aja sih moda transportasi di KL Sentral?

Begitu kamu mendarat di Bandara KLIA 1 atau KLIA 2, kamu bisa menggunakan bus seharga 12 MYR dengan perjalanan kurang lebih 1 jam atau malah kereta express (KLIA Express) seharga 55 MYR, yang tentunya lebih cepat daripada bus. Sesampainya disini, kamu bebas pilih tujuanmu dengan berbagai moda transportasi seperti LRT, Monorail, KTM atau malah kembali ke bandara dengan bus maupun kereta express. Intinya, kamu jangan malu tanya kalau masih bingung dengan sistem transportasi KL Sentral.

Berapa tarif dari transpotasi umum yang ada di KL Sentral?

Tentu saja dengan memahami sistem transportasi KL Sentral, otomatis kamu juga akan melihat harga yang tertera. Harga yang bervariasi namun bisa dibilang cukup ramah di kantong apalagi untuk seorang backpacker. Untuk Monorail dan LRT, kamu cukup mengeluarkan sekitar 2 – 5 MYR (CMIIW) sekali perjalanan. Murah kan? Karena kamu hanya akan menuju ke berbagai tempat yang ada di sekitar Kuala Lumpur.
Lalu untuk KTM atau Kereta Tanah Melayu tentunya akan disesuaikan dengan kota tujuan karena kamu akan menuju ke berbagai kota di Malaysia. Bagaimana dengan KLIA express dan airport bus? Sudah dibahas di atas dan kamu bebas milih sesuai budgetmu ya.

Yuk coba Monorail di KL Sentral

Sebagai salah satu sistem transportasi di KL Sentral jarak pendek, MRT maupun Monorail akan mengantarkanmu ke berbagai destinasi di dalam maupun sekitar Kuala Lumpur. Monorail yang hanya punya satu jalur akan mengantarmu hingga Titiwangsa sebagai pemberhentian terakhir, dengan melewati berbagai tempat yang cukup popular seperti Bukit Bintang, Bukit Nanas, Raja Chulan dan Chow Kit. Perjalanan berawal dari KL Sentral, tapi stasiunnya sendiri terletak di sebelah luar alias kamu harus berjalan kaki melewati Mall dulu sebelum tiba di pemberangkatan awal.

sistem transportasi di KL Sentral
Monorail

Gimana dengan LRT?

Adanya beberapa jalur seperti Laluna Jaya dan Ampang membuatmu perlu waktu untuk memahami sistem transportasinya disini. Tapi jangan khawatir karena stasiun pemberhentian tertulis dengan jelas, jadi seharusnya kamu gag akan kelewatan turun. LRT ini punya stasiun pemberhentian lebih dari 10, jauh lebih banyak daripada Monorail. Tentu saja karena rutenya yang lebih panjang.

sistem transportasi di KL Sentral
LRT

Beberapa objek wisata yang ada adalah Central Market, Masjid Jamek, hingga Batu Caves. Ingat, kadang di jam-jam padat kamu harus berdiri sepanjang perjalanan melalui lebih dari 10 stasiun. Tapi buat seorang backpacker, tentu gag masalah dong?

Gimana dengan KTM dari KL Sentral?

Beralih ke moda dan sistem transportasi KL Sentral untuk jarak jauh yaitu KTM alias Kereta Tanah Melayu. Kamu akan diantar ke berbagai kota seperti Johor Bahru, Penang dan kota-kota lain yang berada di semenanjung Malaya. Berapa tiketnya? Harga mulai dari 20 MYR yang tentunya lebih mahal daripada LRT maupun Monorail dong. Tapi, ini jadi pilihan bagus kalau kamu mau eksplor berbagai kota di Malaysia, selain menggunakan bus tentunya.

sistem transportasi di KL Sentral
KTM (Kereta Tanah Melayu)

Kalau mau ke Bandara gimana dong?

Seperti sudah dibahas di atas, ada dua opsi untuk menuju Bandara KLIA1 maupun KLIA2, yaitu dengan KLIA Express seharga 55 MYR (selama 30 menit) atau Airport Bus selama 1 jam dengan tarif sekitar 12 MYR. Sebagai seorang backpacker, tentu kamu akan pilih yang kedua kan? Kalau emang kamu punya dana lebih dan waktumu terbatas, opsi pertama bisa jadi pas buatmu. Intinya, pastikan kamu sudah baca sistem transportasi KL Sentral terutama yang menuju Bandara ya.

sistem transportasi di KL Sentral
Bus ke KLIA

Sudah siap? Sepertinya kamu sudah gag sabar menjelajahi Kuala Lumpur. Yuk tentukan pilihanmu dan langsung ambil moda transportasi KL Sentral pilihanmu. Pilih mana dulu? Bukit Bintang, Petronas, Central Market, Masjid Jamek atau malah Batu Caves?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.