Yuk Mulai Koleksi rupiah dari Jalan dan Menulis

Banyak orang yang suka jalan-jalan atau traveling kemanapun. Hal ini karena memang travelling selalu berikan pengalaman yang menyenangkan. Sayangnya masih banyak orang yang belum bisa manfaatkan hal ini, apalagi kalau kamu suka nulis atau ngeblog. Padahal kalau kamu tahu, kamu bisa coba koleksi rupiah dari jalan dan menulis lho!

Banyak orang sekedar cerita ulang pengalamannya travelling ke teman-temannya. Itu tentu saja bagus, tapi gimana kalau coba lebih bagus. Ada yang memilih untuk jadi fotrografer dan mengabadikannya ke media social seperti Instagram atau facebook. Ada juga juga yang lebih suka nulis di blog pribadinya. Bebas kamu mau pilih yang mana atau malah kamu ada cara lainnya. Kalau kamu pilih cara kedua, tentu saja inilah awal dari koleksi rupiah dari jalan dan menulis lho.

Memang gimana caranya dapat rupiah dari jalan dan menulis?

“Emang bisa ya?” Ini pertanyaan umum yang banyak didengar bahkan kamu sendiri tanya. Kalau kamu tanya seperti itu, kamu akan ditanya balik dengan pertanyaan “Hari ini udah jaman digital bro, apa yang gag mungkin?”

Kamu bakalan semakin bingung terutama karena kamu belum pernah coba. Yuk coba liat caranya apa aja!

Buatlah Blog Pribadi

Inilah langkah awal dari semua dapatkan rupiah dari jalan dan menulis. Kamu cukup beli domain dan hosting sendiri karena bakalan jauh lebih membantu daripada pakai blog gratisan. Ingat ya, gunakan blog dengan domain .com, .co atau lainnya.

Kamu bisa coba beli di Domainesia. Di situ kamu bebas memilih jenis domain dan hosting sesuai budget yang kamu punya.

Setelah kamu beli, pastikan kamu selesai atur semua fiturnya. Buatlah tampilan blog yang menarik perhatian pengunjung. Kalau kamu masih bingung, kamu perlu pelajari cara membuat website dari nol yang ada di sini. Itu kuncinya.

koleksi rupiah dari jalan dan menulis
Cara Buat Website

Tambahkan Tulisan Rutinmu

Kalau kamu menulis sesuai apa yang kamu tahu dan alami, pasti bakalan lebih gampang. Kamu sendiri yang tahu apa aja konten dari blogmu. Inilah hal selanjutnya supaya blogmu nanti bisa digunakan untuk koleksi rupiah dari hasil jalan dan menulismu.

Gimana cara menulisnya? Tulis saja minimal 300 kata per artikel atau 1 halaman A4. Ini berguna supaya blogmu punya jumlah ideal artikel. Ingat! Gunakan bahasa yang simpel dan menarik ya karena kamu mau buat blog, bukan jurnal ilmiah. Kalau perlu kamu berikan trik dan tips sesuai pengalamanmu.

koleksi rupiah dari jalan dan menulis
Rutin Menulis

Selain menulis sesuai pengalaman, kamu juga harus rutin karena orang pasti mau lihat suatu hal yang updated atau terbaru. Kalau kamu cuma kapanpun kamu mau, berarti orang akan makin sedikit datang ke blogmu. Jadi, buat jadwal rutin menulis ya!

Pelajari dan Terapkan SEO di Blogmu

Koleksi rupiah dari jalan dan menulis bakalan bisa makin gampang kalau kamu terapkan ilmu SEO di dalam blogmu. SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara untuk mengoptimalkan performa website atau blogmu supaya gampang dicari orang di internet, terutama Mbah Google sebagai rajanya mesin pencarian di muka bumi ini.

koleksi rupiah dari jalan dan menulis
SEO

Beberapa hal yang terpenting dari SEO adalah on page dan off page.

On page berarti penulisan kontenmu yang berisi kata kunci dan enak dibaca. Tentu saja jumlah 300 kata tadi juga jadi salah satu bagian dari on page ini.

Kebalikan dari On page, Off page adalah mengoptimalkan blogmu dari luar. Caranya adalah kamu bisa membuat Backlink atau tautan di suatu artikel yang mengarah ke blogmu. Makin banyak ini, makin gampang blogmu ditemukan orang, yang artinya makin bagus peringkat blogmu di internet. Gampang kan?

Daftarkan Blogmu ke Adsense

Ini dia langkah yang manjur untuk koleksi rupiah dari jalan dan menulis. Kamu perlu daftarkan blogmu ke Google Adsense. Kalau kamu berhasil, nanti bakalan ada muncul iklan yang biasanya sesuai dengan tema tulisanmu di blogmu. Keren ya?

koleksi rupiah dari jalan dan menulis
Adsense

Syaratnya gampang gampang susah kok. Pastikan kamu udah lakukan tiga tips di atas. Setelah tulisanmu sesuai dengan SEO atau yang Mbah Google mau, tentu saja kamu diterima. Sama halnya kamu lagi deketin seseorang, selama kamu sesuai kriteria, kamu bakalan diterima. So simple ya?

Hal yang perlu diperhatikan adalah kalau kamu ditolak google, langsung perbaikin segera apa yang kurang. Biasanya kamu diberitahu alasanmu kenapa ditolak. Selama kamu ikutin tips di atas waktu revisi blogmu, kemungkinanmu diterima di kesempatan kedua daftar Adsense makin besar. Tenang aja!

Maintain Blogmu

Ini dia langkah terakhir. Maintain atau rawat rutin blogmu demi tujuan koleksi rupiah dari jalan dan menulis. Setelah diterima Adsense, kamu perlu rutin menulis dan share blogmu di medsos biar makin banyak orang yang datang ke Blogmu. Hal ini yang akan memperbesar peluangmu dapatkan uang lebih dari Mbah Google. Gampang gampang susah ya?

Tips di atas cukup kamu lakukan dengan rutin dan benar. Sebenarnya gag akan susah kalau kamu udah niat dari awal. Biasanya kamu bakalan merasa malas di awal atau gag punya waktu sempatkan diri menulis. Sepele tapi ngaruh ke performa blogmu nantinya.

Buat jadwal rutin menulis aja dan paksa dirimu sendiri biar kamu jadi terbiasa nantinya.

koleksi rupiah dari jalan dan menulis
Jadwal Rutin

Kalau semua dijalankan, kamu bakal petik hasil manisnya. Kamu tetap jalan-jalan, tuangkan hobi menulismu ke blog dan koleksi rupiah dari hasil jalanmu. Enak ya?

Di jaman serba digital ini emang kamu harus bisa sesuaikan kemampuanmu atau skillmu. Kalau skillmu bisa digabungkan dengan hobimu, bakalan meledak dan jadi hal yang super sekali. Semua sudah serba gampang lho.

Apa aja yang dibutuhkan?

Hal yang kamu butuhkan cuma koneksi internet, ide untuk menulis, kamera pocket atau kamera HP untuk dapatkan gambar yang bagus dan niat. Niat adalah hal tersepele tapi juga tersusah dilakukan karena memang pasti selalu banyak alasan yang ada di kepalamu. Mulai dari banyak kerjaan, capek dan gag punya waktu luang. Semua itu bakalan selalu ada di sekelilingmu apalagi kalau kamu memang masih niat setengah-setengah.

Jadi apa tips utama? Setelah baca dan lakukan hal yang disebutkan di atas, niat jadi hal utama yang perlu kamu tanamkan. Niat dan lakukan secara rutin. Langkah pertama sampai keempat mungkin jadi hal gampang. Tapi langkah kelima yang susah.

Itu dia hal yang bisa kamu lakukan untuk koleksi rupiah dari jalan dan menulis di era yang serba digital ini. Bahkan kamu bisa saja tetap menulis sewaktu kamu lagi ada di tempat wisata atau hotel. Jaman sekarang banyak orang yang bekerja sebagai travel blogger, yang berarti hidupnya didedikasikan untuk nulis dan nulis. Coba kamu lihat apa yang mereka lakukan dan segera pelajari.

koleksi rupiah dari jalan dan menulis
Travel Blogger

Apalagi banyak orang yang pengen bekerja bebas tanpa terikat. Ini cocok banget buatmu karena jadi seorang travel blogger berarti kamu bisa kumpulkan rupiah dari jalan-jalan dan hobi menulismu. Tertarik coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.