Jenis-jenis penginapan saat kamu travelling

Kamu yang sering travelling atau jalan-jalan, pasti juga udah bisa pesan penginapan. Terutama kamu yang sangat mengandalkan low budget, pasti akan pesan jauh-jauh hari sebelumnya supaya dapat harga yang paling murah. Apalagi kalau ditambah dengan promo. Pasti makin semangat. Tapi sebenarnya kamu tau kan ada banyak jenis-jenis penginapan saat travelling? Jangan bilang kamu tau hotel aja hehehe.
Anyway, jenis-jenis penginapan saat travelling itu ada berbagai macam lho dan biasanya disesuaikan dengan harga maupun kelebihan dan kekurangannya. Emangnya ada apa saja sih?
Yuk kenali berbagai jenis penginapan saat travelling yang bisa kamu pesan

Hotel

Sebagai jenis-jenis penginapan yang paling awam, kamu pasti langsung tau apa itu hotel. Harganya yang termasuk tinggi dengan fasilitas yang memadai akan jadi nilai tambah saat kamu sedang travelling. Kamu gag perlu repot-repot kesana karena ada beberapa hotel yang bahkan nawarin jasa penjemputan dari Bandara, Terminal maupun Stasiun. Ditambah fasilitas seperti kolam renang dan gym yang bisa kamu manfaatkan secara gratis.

jenis-jenis penginapan
Hotel

Itu semua adalah enaknya. Emang gag enaknya dimana? Kalau kamu pilih hotel, tentu harus siap dengan budget yang cukup mahal ditambah dengan adanya kemungkinan harga naik kalau kamar terbatas. Meskipun kamu bisa dapat promo dari hotel, tapi tetap aja harus siapkan dana lebih. Selain itu, kamu gag bisa berinteraksi dengan warga setempat maupun sesame traveler karena kamu akan masuk ke kamar pribadi dan langsung mengunci pintu. Mungkin buat seorang traveler sejati, ini gag akan jadi opsi ya?

Hostel

Mirip dengan hotel, tapi hostel punya beberapa perbedaan sebagai salah satu jenis-jenis penginapan saat travelling. Apa aja perbedaanya? Pertama, hostel itu harganya jauh lebih murah dibandingkan hotel. Kedengaran bagus ya? Tapi dengan harga yang murah, tentu aja fasilitas yang kamu dapat gag akan sebanding dengan hotel. Kamu tetap akan dapat kamar pribadi dengan kamar mandi dalam dan bahkan TV, tapi gag semewah hotel. Bahkan bisa aja kamu gag ada sarapan karena memang hostel gag menyediakan.

jenis-jenis penginapan
Hostel

Kalau ada kekurangan, pasti ada kelebihannya dong. Hostel itu tentu bakal nawarin kamu kesempatan buat berinteraksi dengan sesame traveler karena biasanya mereka sediakan semacam ruang tamu dimana kamu bisa ngobrol banyak di malam hari sebelum tidur maupun pagi hari sebelum berkeliling. Menarik ya? Bisa jadi opsi tuh!

Guest House

Dengar namanya, pasti langsung kebayang dengan penginapan yang terdiri dari berbagai kamar dan ada tempat terbuka semacam teras. Kalau yang kamu pikirkan seperti itu, berarti kamu benar! Guest house jadi salah satu opsi dari berbagai jenis-jenis penginapan saat travelling dan tentunya akan berikan sensasi yang berbeda.

jenis-jenis penginapan
Guest House

Fasilitas apa aja yang kamu dapat? Mirip dengan hostel terkait kamar. Tapi kadang kamu bisa saja dapat kamar mandi dalam atau malah luar. Sarapan? Tentu aja ada yang sediakan sarapan, ada juga yang gag. Nilai positifnya adalah kamu bisa gunakan teras yang ada untuk berinteraksi dengan sesame pengunjung atau bahkan dengan sang pemilik. Biasanya pemilik Guest House itu orang yang terbuka kok. Jadi jangan sungkan ya?

Dormitori

Opsi yang paling sering dipilih para traveler adalah dormitori. Jenis-jenis penginapan saat travelling yang satu ini emang pantas jadi favorit karena selain harganya yang paling murah, tapi juga kesempatan kamu berinteraksi dengan sesame traveler terbuka lebar. Kamu akan tidur di satu ruangan yang terdiri dari belasan atau bahkan puluhan kasur. Bersama-sama dengan orang asing yang gag kamu kenal sebelumnya. Ngeri? Atau malah tertarik?

jenis-jenis penginapan
Dormitori

Kamu bisa berinteraksi di kasur atau malah di ruang tamu yang disediakan oleh sang pemilik. Ngobrol apapun akan jadi hal yang sangat dirindukan terutama saat bertukar pikiran tentang budaya, bahasa maupun agama yang berbeda. Mantap kan?
Uniknya lagi adalah kasur yang disediakan adalah kasur bertingkat semacam bunk bed. Jadi kalau kamu dapat di atas, pastikan untuk naik dan turun pelan-pelan ya supaya gag ganggu orang yang tidur di bagian bawah.
Tapi ada yang harus kamu waspadai disini, yaitu keamanan barangmu, karena kamu akan tidur bareng di dalam ruangan besar. Pastikan kamu taruh barangmu di dalam loker yang disediakan. Minta kunci loker ke penjaga ya. Tetap jangan sampai travellingmu kacau gara-gara barang hilang ya!
Itu dia keempat jenis-jenis penginapan saat travelling yang bisa kamu pesan. Kamu bebas pilih manapun yang kamu mau selama kamu punya dananya. Tapi kalau kamu emang suka berinteraksi tentu saja Dormitory, Guest House dan Hostel akan jadi opsi dibandingkan dengan Hotel yang seolah membuatmu hanya sendiri di dalam kamar.
Gambaran urutan jenis-jenis penginapan saat travelling sesuai harga (ke kanan semakin mahal) :

Dormitori – Hostel – Guest House – Hotel

Gambaran urutan jenis-jenis penginapan saat travelling sesuai kesempatan berinteraksi (ke kanan semakin mudah) :

Hotel – Guest House – Hostel – Dormitori

Gambaran di atas bisa jadi referensimu terkait mana yang akan kamu pilih.
Anyway sebelum pergi, pastikan bawa travel adaptor ya, karena siapa tahu colokan listriknya beda dengan yang di Indonesia.
Jadi, yuk buruan pergi dan tentukan penginapanmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge