Pahami dan nikmati jalur MRT Singapura

Singapura sebagai salah satu negara tujuan wisata sangat popular akan kebersihan dan kemajuan teknologinya, termasuk dengan transportasi yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Salah satunya adalah MRT (Mass Rapid Transit) yaitu jalur kereta yang menghubungkan berbagai destinasi yang ada di Singapura. Kalau kamu lagi travelling kesini, akan lebih baik kalau kamu paham terkait jalur MRT Singapura sehingga kamu gag akan bingung tentang tujuan mana yang mau kamu eksplor.

Jalur MRT Singapura
Pemandangan di stasiun MRT

Kenali jalur MRT Singapura

Saat ini jalur MRT Singapura punya 5 line dengan warna dan jurusan berbeda yang menandakan jalur mana saja yang mau kamu tuju. Pahami jalur tersebut dan kadang kamu harus transit untuk ganti MRT di stasiun tertentu. Ingat, banyak objek wisata utama di Singapura bisa dicapai dengan mudah dengan MRT lho. Yuk lihat satu per satu jalur MRT nya.

jalur MRT Singapura
Peta MRT

North South Line (NSL)

Ini dia salah satu jalur MRT Singapura sepanjang 40 km yang cukup popular karena akan mengantarmu ke beberapa objek wisata seperti Orchard Road, City Hall (Balai Kota) hingga Marina Bay yang terkenal dengan Merlion Park alias ikon Negeri Singa ini. Kamu cukup berhenti di stasiun MRT dan berjalan beberapa saat untuk mencapai tujuanmu. Yang perlu kamu ingat, Singapura itu ramah pejalan kaki kok. Trust me! 😊

East West Line (EWL)

Sering disebut juga sebagai Jalur terpanjang MRT Singapura yang menghubungkan antara Pasir Ris hingga Jurong East sepanjang 57 km. Rencananya, jalur ini akan diperpanjang hingga Tuas Link. Kamu yang mau melanjutkan perjalanan ke Bandara Changi juga bisa transit di Tanah Merah dan melanjutkan dengan kereta Bandara.
Beberapa tempat wisata yang dilewati Jalur MRT Singapura ini adalah Kallang (Stadion Nasional Singapura), Bugis dan City Hall. Bahkan di jalur Tuas Link, kamu juga bisa berhenti Chinese Garden. Tapi nanti ya kalau udah diperpanjang jalurnya.

North East Line (NEL)

Jalur MRT Singapura yang satu ini akan membawamu dari Harbour Front hingga Punggol yang terletak di ujung barat Singapura. Beberapa objek wisata yang dilewati jalur sepanjang 20 km ini adalah Harbour Front (menuju USS), Chinatown, Clark Quay dan Little India. Kalau kamu masih bingung, jangan ragu untuk tanya ke petugas. Mereka selalu ramah jelaskan ke turis termasuk kamu kok. Intinya, malu bertanya sesat di jalan lho! Hehehe

Circle Line (CL)

Terkenal juga dengan warna kuningnya, Jalur MRT Singapura Circle Line ini akan berangkat dari Harbour Front dan berhenti di Marina Bay (perjalanan pulang-pergi). Tentu saja kamu yang ngebet berfoto di Merlion Park, bisa naik jalur kuning ini dan berjalan sekitar 15 menit menuju patung singa.
Gimana dengan tempat lain? Kamu bisa menuju ke Buona Vista, Botanic Garden dan Holland Village lho. Atau ada spot lain yang mau kamu tuju dengan naik jalur CL ini?

Downtown Line (DL)

Sebagai Jalur MRT Singapura terbaru, kamu bisa melakukan perjalanan dari Expo hingga Bukit Panjang. Beberapa spot terkenal adalah Bugis dan Botanic Garden bisa menjadi opsi buatmu untuk sejenak menikmati keindahan negeri Singa ini.
Jalur-jalur MRT Singapura di atas masih akan bertambah dan tentu saja kamu akan makin gampang eksplor berbagai tempat yang tersedia di Singapura. Eitts, tapi sabar dulu. Sekarang kamu nikmati aja dulu perjalanan dengan 5 jalur yang sudah tersedia.

Berapa sih tarif Jalur MRT Singapura?

Sekitar 2-5 SGD harus kamu keluarkan untuk sekali perjalanan. Kamu bisa membeli tiket sekali jalan atau langsung freepass yang bisa kamu top-up setiap kali saldomu habis. Jadi, kamu bebas memilih opsi mana yang paling sesuai denganmu.

jalur MRT Singapura
Tiket sekali jalan

Gimana cara belinya? Kamu tinggal beli saja di mesin tiket yang tersedia di setiap stasiun MRT Singapura.
jalur MRT Singapura
Mesin tiket

Siap jalan-jalan ke Singapura dengan naik MRT?

One Reply to “Pahami dan nikmati jalur MRT Singapura”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.