Menikmati Jalur KRL Jakarta yang Bebas Macet

Kemacetan selalu jadi hal yang sangat umum waktu kamu jalan-jalan ke Jakarta. Walaupun macet, kamu tetap bisa keliling Jakarta gunakan busway maupun kereta (KRL) yang terbebas dari macet. Kalau kamu naik transportasi umum ini, gag ada salahnya yuk pahami jalur KRL Jakarta biar kamu gag nyasar.

jalur KRL Jakarta
Peta Jalur KRL

Sebenarnya jalur KRL Jakarta ada apa aja sih?

Jakarta Kota – Bekasi/Cikarang

Ini dia salah satu jalur KRL Jakarta yang cukup padat karena menghubungkan ibukota dengan Bekasi yang terkenal dengan para komuternya. Dengan jalur ini kamu bisa menuju ke Kota melalui beberapa stasiun termasuk stasiun transit Jatinegara dan Manggarai, lalu turun di stasiun Cakung, Buaran, Cikini, Juanda dan Sawah Besar. Jalur ini sangat berguna terutama buat kamu yang tinggal di Bekasi. Jadi kalau tinggal di Bekasi dan kerja di Jakarta, harus siap desak-desakan di kereta ya!

jalur KRL Jakarta
Stasiun jakarta kota

Jakarta Kota – Manggarai – Depok/Bogor

Jalur KRL Jakarta satu ini juga cukup popular karena banyaknya orang yang tinggal di daerah Depok dan Bogor dan juga melewati daerah yang cukup strategis seperti kampus UI, Pasar Minggu, Cawang, Tebet, Cikini, Mangga Besar hingga Kota. Sama seperti jalur Bekasi, siapkan diri buat desak-desakan di kereta ya terutama di jam kerja. Tapi kalau kamu pergi ke Bogor di jam kerja, justru malah sepi. Waow enak ya?

Bogor / Depok – Jatinegara

jalur KRL Jakarta
Stasiun (transit) Manggarai

Ini adalah jalur KRL Jakarta terpanjang karena kamu harus memutar dulu melewati Tanah Abang sebelum akhirnya tiba di Jatinegara. Padahal bisa aja dari Manggarai kereta langsung ke Jatinegara. Perjalanan dari Bogor ke Jatinegara bisa ditempuh sekitar 2 jam karena memang jalurnya memutar. Tertarik coba?

Tangerang – Duri

Kalau kamu tinggal atau mau pergi ke Tangerang, coba naik jalur KRL Jakarta satu ini. Jalurnya gag terlalu panjang dan kamu butuh waktu sekitar kurang dari 1 jam. Mau coba?

Parung Panjang – Tanah Abang

Ini juga termasuk salah satu yang cukup padat diantara jalur KRL Jakarta. Kamu akan melewati daerah Serpong, Rawabuntu dan Jurangmangu yang merupakan tempat tinggal para komuter. Jadi harus siap-siap ya!

Tanjung Priok – Jakarta Kota

Inilah jalur KRL Jakarta terpendek. Kamu hanya perlu melewati 2 stasiun yaitu Kampung Bandan dan Ancol sebelum akhirnya sampai ke Priok.

6 jalur KRL Jakarta di atas sebenarnya cukup bantu kamu buat jalan-jalan menggunakan kereta di Ibukota. Walaupun ada juga beberapa tempat yang gag dilalui kereta seperti Monas, PRJ dan Blok M, tapi setidaknya kamu bisa turun di stasiun terdekat.

jalur KRL Jakarta
Loket tiket

Jadi gimana? Tertarik coba jalan-jalan jelajahi jalur KRL Jakarta? Harganya sekitar 3.000 – 8.000 IDR dan bisa isi ulang di Indomaret/Alfamart, bahkan di halte Busway buat kamu yang punya kartunya. Atau malah kamu beli di loket tiket yang sekali jalan. Murah kan? Yuk segera!

One Reply to “Menikmati Jalur KRL Jakarta yang Bebas Macet”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.