Berkunjung ke Bukit Pamoyanan Subang yuk

Bukit Pamoyanan – Mungkin belum banyak yang tahu tentang wisata di Subang. Salah satu yang sedang popular adalah Bukit Pamoyanan Subang, dimana kamu yang suka naik gunung, akan merasakan sensasi serupa, meskipun sedikit lebih enak. Hahaha. Memang kenapa?
Bukit Pamoyanan yang berarti ‘tempat macan berjemur’ dalam bahasa sunda memang mulai popular sejak dibuka untuk umum sekitar setahun yang lalu. Wisata disini mulai ramai terutama karena fasilitas tenda yang disediakan oleh pihak pengelola.
Di Bukit Pamoyanan Subang, kamu akan merasakan sensasi camping di bukit dengan pemandangan indah kota Subang di malam maupun pagi harinya. Selain itu, kamu juga gag perlu mendirikan tenda karena memang disana udah tersedia paket tenda plus makan. Enak kan? Sensasi naik gunung dan kamu cukup bawa baju aja. Kamar mandi ada, warung juga tersedia. Kurang apa coba?

Gimana cara menuju Bukit Pamoyanan Subang?

Bukit pamoyanan
Peta ke pamoyanan

Kalau kamu dari arah Jakarta, pastikan keluar di pintu tol subang. Pastikan kamu melewati Tugu Nanas yang merupakan ikon kota sebelum melewati indahnya kebun teh yang berjajar di kanan kiri jalan. Sedangkan dari Bandung, kamu bisa lewat Lembang dengan jalan yang berkelak-kelok. Kendaraan pribadi ataupun sewa pastinya jadi opsi terbaik untuk menuju dan menikmati indahnya Bukit Pamoyanan Subang ini.
bukit pamoyanan
Papan penunjuk ke Pamoyanan

bukit pamoyanan
Jalan mendaki

Sesampainya di jalan masuk (jalan naik), pastikan kamu hati-hati apalagi kalau kamu menyetir mobil, karena jalanan semakin menyempit. Bahkan di tempat parkir alias spot terakhir sebelum ‘mendaki’, perlu kehati-hatian kalau mau putar balik. Jadi pastikan kamu udah ahli atau minimal banyak berdoa, mengingat jalanan yang memang kurang bersahabat.

Emang gimana sih sensasi di Bukit Pamoyanan ini?

bukit pamoyanan
Siap jalan mendaki?

Begitu sampai di parkiran Bukit Pamoyanan (pastikan kamu sudah pesan paket tenda), kamu harus jalan kaki sekitar 10-15 menit menuju area camping yang sebenarnya udah terlihat bawah. Tapi jangan kaget kalau lihat jalanan cukup ekstrim karena langsung naik tanpa ada ‘bonus’ (anak pendaki pasti tahu). Tenang aja, kan cuma jalan sebentar. Dan begitu sampai di atas, rasa lelah yang sebentar akan terbayar dengan pemandangan cantik dari atas. Apalagi kamu gag perlu dirikan tenda.
Letakkan barang di tenda dan istirahat sejenak. Kalau mau mandi atau berfoto juga bebas. Ibaratnya kamu camping ceria tanpa beban di pundak. Pastikan juga kamu sedia tisu basah karena kalau kondisi hujan, pasti kaki akan kotor penuh lumpur sebelum masuk ke tenda. Jadi,bersihkan kaki sebelum istirahat di tenda ya.
bukit pamoyanan
Pemandangan dari tenda

Makanan yang sudah disediakan juga sekadarnya. Kamu bisa nikmati maupun jajan di warung yang menjual indomie, gorengan maupun minuman hangat. Semakin malam, suasana semakin ramai apalagi di akhir pekan.
Sore hari jadi waktu yang pas untuk menunggu ‘sunset’ dengan syarat cuaca yang baik alias gag hujan ataupun mendung yang akan jadi berkah buatmu. Setelah itu waktunya bersiap untuk mendapatkan pemandangan indah kota di malam hari.
bukit pamoyanan
Subang di malam hari

Tapi kalau hujan, bersiaplah untuk sekedar tidur di tenda, walaupun tanpa khawatir kelaparan hahaha.
Pagi hari di Bukit Pamoyanan, pastikan kamu bangun awal dan siap berburu ‘sunrise’. Banyak orang berfoto di spot khusus yang memang disediakan dengan dihubungkan jembatan dari kayu, yang berbayar kalau ingin dapat hasil foto yang bagus. Tips kalau mau gratis, tunggu waktu yang tepat dan pihak pengelola akan memberikan kesempatan buat yang mau foto sendiri tanpa biaya. Gratis ini yang pasti jadi pilihan para traveler. Hehehe kamu bisa foto sendiri dan latihan dapat gambar yang bagus.
bukit pamoyanan
Kabut di pagi hari

bukit pamoyanan
Cantiknya pemandangan di pagi hari

Nikmati pemandangan cantik di pagi hari dengan ngopi, akan jadi sensasi yang gag terlupakan, tentunya sebelum matahari naik dan jadi panas ya. Jangan lupa untuk ambil foto di Bukit Pamoyanan dengan latar belakang kota subang maupun gunung di belakangnya. Indah pake banget!
bukit pamoyanan
Berfoto santai di bukit ini

Jadi, kamu tertarik menikmati indahnya Bukit Pamoyanan ini? Ayo buruan berkemas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.